Building Material

Permintaan Ekspor Mebel Jatim Diyakini Tinggi Sepanjang 4 Tahun ke Depan

Tren permintaan pasar mebel dalam 3 - 4 tahun ke depan masih tinggi terutama untuk pasar ekspor.

Permintaan Ekspor Mebel Jatim Diyakini Tinggi Sepanjang 4 Tahun ke Depan Permintaan Ekspor Mebel Jatim Diyakini Tinggi Sepanjang 4 Tahun ke Depan

Himpunan Industri Mebel dan Kerajinan Indonesia (HIMKI) Jawa Timur meyakini tren permintaan pasar mebel dalam 3 - 4 tahun ke depan masih tinggi terutama untuk pasar ekspor. Melansir dari bisnis.com, Wakil Ketua HIMKI Jatim, Budianto Budi, mengatakan di tengah kondisi pandemi Covid-19 yang terjadi sejak 2020, menunjukkan tren pasar yang positif karena adanya pergeseran pola hidup masyarakat salah satunya bekerja dari rumah.

Awal merebaknya Covid-19, permintaan sempat terhenti karena banyak toko yang memutuskan untuk tutup dan meminta eksportir Indonesia tidak mengirimkan barangnya dulu. Namun setelah dilakukan evaluasi, penjualan justru semakin meningkat.

Terlebih lagi di Amerika Serikat (AS) ada tren untuk memilih pindah ke pinggiran kota di rumah yang lebih luas dengan dilengkapi berbagai jenis mebel. Akibat tren tersebut, mereka butuh furnitur, sehingga dampaknya kinerja ekspor tetap tumbuh signifikan di atas 20 persen. katanya.

Secara nasional, kata Budianto, ekspor mebel tahun lalu tercatat mencapai US$2,25 miliar, dengan kontribusi mebel Jatim sebanyak 60 persen. Diharapkan kinerja ekspor mebel ke depan bisa menembus angka US$5 miliar pada 2025 mendatang. Sementara, di pasar domestik, dalam dua tahun terakhir masih lebih banyak diiisi oleh pemain tradisional atau UMKM.

Selain faktor pandemi, adanya perang dagang antara China dan AS yang masih berlanjut juga akan mempengaruhi potensi ekspor mebel Indonesia. Ekspor mebel selama ini dari China ke AS mencapai US$50 miliar. Namun akibat perang dagang ini, nilai ekspor mebel China ke AS tinggal US$9 miliar sebab barang-barang dari China dikenai bea masuk oleh AS yang mencapai 25 persen.

Ketahui lebih banyak tentang dunia bahan bangunan di pameran bahan bangunan terlengkap di Indonesia, MegaBuild edisi ke-19, pada 16-19 Juni 2022 di Jakarta Convention Center.

Stay up to date

Instagram: @megabuildindo

Facebook: Megabuild Indonesia

LinkedIn: MegaBuild Indonesia

YouTube: MegaBuild Indonesia

Share this article