News

Apa Itu Titik Nol IKN Nusantara?

Presiden Joko Widodo diketahui berkemah di titik nol Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Lantas, apa itu titik nol IKN Nusantara?

Apa Itu Titik Nol IKN Nusantara? Apa Itu Titik Nol IKN Nusantara?

Beberapa waktu lalu, Presiden Joko Widodo diketahui berkemah di titik nol Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Momen tersebut dibagikan melalui unggahan akun Instagram resminya, @jokowi, pada hari ini, Senin (14/3/2022).

Dalam unggahan tersebut, terlihat Jokowi sedang duduk depan sebuah tenda yang ia gunakan untuk berkemah."Sehari di titik nol kilometer Ibu Kota Negara Nusantara," tulis Jokowi di Instagram.

Apa itu titik nol IKN Nusantara?

Mengutip laman Kompas, titik nol IKN Nusantara merupakan titik referensi untuk menghitung tingkat ketinggian bangunan di atas permukaan air laut.

Titik nol IKN Nusantara diketahui berlokasi di Sepaku, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur (Kaltim).

Sebelumnya, pada 6 Januari 2022, Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani bersama Menteri PUPR Basuki Hadimuljono telah mengunjungi titik nol IKN Nusantara. Dalam kunjungan tersebut, Sri Mulyani mendapat penjelasan dari Basuki dan tim Kementerian PUPR tentang rancangan pembangunan IKN di Kabupaten Penajam Paser Utara.

"Titik nol sebagai referensi koordinat lokasi pembangunan kompleks Istana Negara dan Pusat Pemerintahan dan perkembangan pembangunan selanjutnya secara bertahap di Penajam Paser, Kalimantan Timur," jelas Sri Mulyani dalam unggahan akun Instagram-nya.

Di sisi lain, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa pun mengungkapkan "Titik nol itu bukan berarti di situ kita akan mulai. Istana memang bukan di titik nol, tapi agak ke atas,"

Artinya, Istana Negara di IKN Nusantara dibangun di daerah yang sedikit lebih tinggi dari titik nol. Bagian sayap sebelah kanan Istana Negara akan dibanfun untuk gedung DPR dan MPR. Sementara sayap sebelah kiri, akan digunakan untuk gedung yudikatif.

Bagaimana menurut Anda?




Share this article