News

Pemerintah akan Bangun Tol Bawah Air Menuju IKN Nusantara

Saat ini pemerintah berencana membangun jalan tol melintasi terowongan bawah air dan akan menghubungkan ruas Tol Balikpapan–Samarinda (Balsam) dengan Ibu Kota Negara atau IKN Nusantara.

Pemerintah akan Bangun Tol Bawah Air Menuju IKN Nusantara Pemerintah akan Bangun Tol Bawah Air Menuju IKN Nusantara

Saat ini pemerintah berencana membangun jalan tol yang melintasi terowongan di bawah air dan akan menghubungkan ruas Tol Balikpapan–Samarinda (Balsam) dengan Ibu Kota Negara atau IKN Nusantara.

Selama ini, jalan tol untuk menyeberangi sungai atau muara masih menggunakan jembatan. Padahal, saat ini Indonesia sudah memiliki teknologi submersible crossing atau terowongan penyeberangan di bawah air.

Dilansir dari berbagai sumber, Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Danang Parikesit mengatakan bahwa pengembangan jalan tol di bawah air tersebut masih dalam tahap perencanaan teknis yang rinci atau Detail Engineering Design (DED) oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Tol tersebut akan menghubungkan ruas Tol Balsam dengan kawasan IKN Nusantara yang berada di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU).

Di sisi lain, Juru Bicara Kementerian PUPR Endra S. Atmawidjaja menjelaskan bahwa rencana pembangunan tol bawah air tersebut bertujuan untuk melindungi kawasan area lindung di sekitar IKN seperti area rawa dan sekitarnya agar tidak dirusak.

Kamu siap membawa brand-mu menjadi salah satu bagian dalam program pembangunan infrastruktur pemerintah? Temukan kesempatan di Mega Build Indonesia 2022 pada 16-19 Juni mendatang di Jakarta Convention Center!

Share this article