Building Material

Cara Hitung Kebutuhan Bata Merah Per Meter Persegi

Bagaimana cara menghitung jumlah bata merah per meter persegi untuk rumah? Ada rumusnya!

Cara Hitung Kebutuhan Bata Merah Per Meter Persegi Cara Hitung Kebutuhan Bata Merah Per Meter Persegi

Bisa membangun rumah sendiri pasti menjadi impian setiap orang. Tentu saja alasannya supaya bisa menciptakan rumah yang nyaman ditempati.

Dalam membangun rumah, perhitungan yang detail dan akurat sangat dibutuhkan, terutama untuk membantu kalkulasi kebutuhan dana atau biaya total yang diperlukan.

Salah satunya yang perlu diperhitungkan adalah kebutuhan jumlah bata merah supaya rencana pembangunan dapat berjalan dengan baik serta tidak terlalu boros.

Lalu, bagaimana cara menghitung jumlah bata merah per meter persegi untuk rumah?

Ada rumusnya!

Umumnya, luas tanah yang dijual di kavling perumahan mulai dari 36 meter persegi, 45 meter persegi, 60 meter persegi, 72 meter persegi, hingga lebih 100 meter persegi.

Dalam artikel kali ini, Megabuild akan  coba membahasnya khusus untuk bangunan 36 meter persegi dan 45 meter persegi. 

Tipe 36

Jika Anda menggunakan bata merah AJ Super, jumlah bata merah dalam 1 meter persegi adalah sekitar 60 buah. Jumlah tersebut akan dijadikan asumsi dalam perhitungan ini.

1. Tahapan pertama adalah menghitung keliling dinding bangunan.

Keliling (K) = 2P + 2L

K = 2(6) + 2(6)

K = 24 m

2. Setelah tahu keliling, hitung luas dinding.

Luas (L) = K x T rumah

L = 24 m x 4 m = 96 m2

3. Setelah tahu luas dinding, Anda bisa langsung menghitung jumlah kebutuhan bata merah untuk dinding, yakni 96 m2 x 60 buah/m2 = 5.760 buah.

 Catatan: Jumlah bata tersebut hanya untuk dinding luar yang bentuknya persegi, belum termasuk dinding penyekat ruangan/kamar dalam rumah. Untuk biayanya, tinggal dikalikan dengan harga per buah.  

Tipe 45

Untuk menghitung jumlah bata merah rumah tipe 45 dengan luas 6 m x 9 m, kita hitung dulu keliling dinding luarnya dengan cara ini.

Keliling (K) = 2P + 2L

K = 2(6) + 2(9)

K = 30 m

Setelah itu, hitung luas dengan mengalikan keliling dan tinggi dinding. Asumsikan tingginya 5 meter. Maka:

Luas (L) = K x T rumah

L = 30 m x 5 m

L = 150 m2 

Dengan demikian, jumlah batu bata yang dibutuhkan adalah sebanyak 150 m2 x 60 bata/m2 = 9.000 buah. Untuk mengetahui biayanya, tinggal dikali dengan biaya bata merah per buah.

Itulah cara menghitung kebutuhan bata merah per meter pergi untuk membangun sebuah rumah. Kalau Anda berencana membangun rumah sendiri, Anda bisa mencari-cari inspirasi atau material bangunan di pameran terbesar di Indonesia mengenai arsitektur, interior, dan bahan bangunan, Megabuild, yang digelar pada 16-19 Juni 2022 di Jakarta Convention Center!

Info lebih lengkap, kunjungi akun Instagram @megabuildindo.

Share this article